Raheem Sterling

raheem sterling

Nama Lengkap:Raheem Shaquille Sterling
Tempat Lahir:Kingston, Jamaika
Tanggal Lahir:08 Desember 1994 (19 Tahun)
Kebangsaan:Inggris
Posisi:Gelandang
No Punggung:31
Tinggi:170 cm
 
 Karir

 

Raheem Sterling lahir pada 8 Desember 1994 di Kingston, Jamaika. Di Jamaika, Sterling kecil diasuh oleh neneknya. Pada usia 5 tahun, Sterling beremigrasi ke Inggris bersama ibunya. Tinggal di London, Sterling masuk ke Copland High School di Wembley.

Selama di London, Sterling mulai menumbuhkan kecintaan terhadap sepakbola. Didukung dengan bakat alami, Sterling bergabung dengan akademi Queens Park Rangers pada usia 10 tahun. Bakatnya berkembang pesat di QPR dan namanya sempat menghiasi sampul depan majalah Jamaika, The Gleaner, yang menyebut Sterling sebagai bakat besar yang memukau publik Inggris.

Berada di QPR sejak 2003, pada 2010, Sterling dikontrak oleh Liverpool yang saat itu berada di bawah komando Rafael Benitez. Liverpool memboyong Sterling dengan harga 600 ribu Poundsterling yang dapat meningkat hingga 5 juta Poundsterling tergantung pada jumlah laga yang ia jalani.

Di awal karirnya di Liverpool, Sterling bermain untuk Liverpool youth team. Gol pertamanya ia cetak di sebuah laga persahabatan melawan Hibernian dimana golnya memaksakan hasil imbang 2-2 bagi kedua klub. Karir Sterling di youth team sangatlah bersinar. Ia pernah mencetak 5 gol dalam 1 pertandingan saat Liverpool berpesta 9-0 ke gawang Southend United.

Tahun 2012, Sterling menandatangani kontrak dengan tim senior Liverpool. Saat menjalani laga debutnya melawan Wigan Athletic pada 24 Maret 2012, Sterling menjadi pemain termuda kedua yang bermain untuk tim senior Liverpool. Debutnya di tingkat Eropa terjadi pada Agustus 2012 saat Liverpool melawan Gomel di ajang UEFA Europe League.

Golnya ke gawang Reading pada 20 Oktober menjadikan pemain bertinggi 1.70 meter ini pemain termuda kedua Liverpool setelah Michael Owen yang mencetak gol di laga kompetitif resmi. Dengan kemampuannya, Sterling dianggap sebagai pemain masa depan Liverpool. Pada 21 Desember 2012, Sterling meneken kontrak perpanjangan dengan Liverpool.

Sterling sudah membela Timnas Inggris U-16 pada 2009. Selanjutnya ia juga membela Inggris U-17, U-19 dan U-21. Meskipun begitu, Sterling sejatinya juga dapat membela timnas Jamaika, tempat kelahirannya. Sterling pernah berkata bahwa apabila Jamaika memanggilnya, ia akan bersedia memenuhi panggilannya. Ibu Sterling, Nadine, juga ingin melihat anaknya bermain membela Jamaika.

Di usianya yang masih sangat muda, Sterling sudah memiliki 1 anak hasil dari sebuah hubungan singkat dengan kekasihnya. Pada 8 Agustus 2013, Sterling sempat terkena kasus tuduhan penganiayaan terhadap pacarnya yang seorang model. Namun akhirnya Sterling terbukti tidak bersalah karena kurangnya saksi.

Sterling didapuk untuk menjadi brand ambasador untuk sebuah perusahaan alat-alat dan kelengkapan olahraga asal Amerika Serikat, Nike. Di tahun 2012, ia sempat muncul dalam sebuah iklan sepatu Nike Green Speed II bersama rekan sesama pesepakbolanya seperti Eden Hazard, Theo Walcott dan Christian Eriksen

 

sumber : http://www.bola.net

 

 

Tinggalkan komentar