Mengapa Pluto Bukan Planet Lagi?

planet pluto Pluto, dinamai Allah Romawi Underworld, ditemukan untuk pertama kalinya oleh Clyde Tombaugh pada tahun 1930 W.. Sejak itu, studi yang ketat dan perbandingan pelat fotografi telah dilakukan selama sekitar satu tahun, yang menyebabkan penunjukan Pluto sebagai planet. Itu sebabnya, banyak dari kita dibesarkan dengan pelajaran buku bahwa sistem tata surya kita terdiri dari sembilan planet, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto. Dari jumlah tersebut, Pluto planet terjauh dan terkecil dari tata surya.

Untuk beberapa dekade, para astronom tidak yakin tentang massa Pluto. Akibatnya, tidak ada keraguan tentang Pluto sebagai sebuah planet sampai 1978. Pada tahun itu, astronom James Christy menemukan bahwa planet kecil ini memiliki bulan (dikenal sebagai Charon), yang berdiameter diperkirakan hanya setengah dari Pluto. Tapi, apa yang menyebabkan terobosan bahwa Pluto bukanlah sebuah planet? Artikel ini melempar lampu pada mengapa Pluto bukan sebuah planet.

Mengapa Pluto Bukan Planet lagi? pluto

Memang benar bahwa Pluto tidak lagi sebuah planet, tetapi dikategorikan di bawah planet kerdil. Hal ini karena, Pluto gagal untuk memenuhi persyaratan tertentu menjadi sebuah planet. Sebuah planet kerdil didefinisikan sebagai benda berbentuk bola yang gagal untuk membersihkan lingkungan di sekitar orbitnya. Dan untuk objek untuk disebut planet, maka perlu untuk memenuhi ciri-ciri tertentu; itu harus mengorbit matahari, harus cukup besar dan memiliki pusat gravitasi yang cukup untuk menjadi bola, dan terakhir namun tidak sedikit, harus menjadi dominan tubuh dalam orbitnya. Meskipun Pluto berputar mengelilingi matahari, sangat kecil dan tidak jelas orbitnya. Tahu lebih banyak tentang fakta-fakta tentang planet kerdil.

Identifikasi Charon adalah seperti sebuah tonggak penting dalam bidang astronomi. Dengan penemuan Charon yang mengorbit Pluto, para astronom berhasil dalam menentukan massa yang sebenarnya Pluto. Tidak seperti planet lain yang ukurannya jauh lebih besar daripada bulan-bulan mereka, ukuran Pluto adalah dua kali lipat dari Charon. Juga, apa astronom menemukan Pluto dan adalah bahwa Charon lebih atau kurang mirip dengan planet biner, yang mengambil sekitar 6,38 hari untuk menyelesaikan satu revolusi di sekitar satu sama lain. Tahu lebih lanjut tentang Charon bulan Pluto.

Seperti disebutkan sudah, alasan utama untuk deklarasi Pluto sebagai planet kerdil adalah bahwa hal itu tidak jelas lingkungan di orbit. Planet lain memiliki gaya gravitasi yang kuat bahwa setelah interaksi dengan benda langit kecil (komet, asteroid, dll), mereka baik mengkonsumsinya atau menyapu mereka. Secara singkat, planet-planet memiliki jalur orbit dibersihkan, yang tidak sehingga dalam kasus Pluto. Orbit Pluto agak rapi, dengan benda-benda lain di sekitar orbitnya. Karena itu, Pluto kini diturunkan sebagai planet kerdil.

Anda dapat memilih untuk mengetahui lebih lanjut tentang:

  • Apakah Planet Pluto sebuah
  • Pluto Fakta
  • Pluto Planet: Fakta tentang Planet Pluto

Dengan penjelasan singkat ini, saya harap Anda telah dibersihkan pertanyaan Anda tentang mengapa Pluto bukan sebuah planet? Atau mengapa Pluto sebagai planet kerdil? Dalam publikasi terbaru 2006, International Astronomical Union (IAU) secara resmi menyatakan bahwa sistem tata surya kita memiliki delapan planet (bukan sembilan). Namun, adalah mungkin untuk menemukan objek besar dalam tata surya yang memenuhi syarat definisi planet. Selain itu, masih bisa terjadi bahwa Pluto keuntungan massa setelah menabrak dengan objek dan lulus status planet-kap. Sampai saat itu, kita memiliki delapan planet di tata surya kita! sumber : http://infobebas.web.id

Tinggalkan komentar